Headlines News :
Home » , » Indonesia Bisa Jadi Produsen Kakao Terbesar Dunia

Indonesia Bisa Jadi Produsen Kakao Terbesar Dunia

Written By Penyu Luh on Selasa, 11 Juni 2013 | 19.01

Payakumbuh - Menteri Pertanian, Dr. Ir. Suswono, MMA optimis Indonesia mampu menjadi produsen kakao terbesar di dunia dengan meningkatkan produksi dan kualitas kakao yang dihasilkan. Demikian dikatakan Mentan saat meresmikan pabrik coklat di Kelurahan Kapalo Koto, Kecamatan Payakumbuh Selatan Kota Payakumbuh pada Jumat (31/5).

Menurut Mentan, saat ini posisi Indonesia masih berada di urutan ketiga di bawah Pantai Gading dan Ghana sebagai penghasil kakao dunia, namun posisi tersebut bisa bergeser ke peringkat pertama dengan memaksimalkan potensi lahan, produksi dan kualitas produk. “Dengan potensi yang ada, kita optimis bisa menjadi produsen kakao terbesar di dunia,” katanya.

Hingga saat ini, Indonesia memiliki kakao dengan kualitas yang baik. Bahkan kakao yang tumbuh di Payakumbuh merupakan kakao terbaik di dunia dimana ukuran buah dan bijinya besar. “Kualitas ini yang tidak dimiliki oleh negara lain,” jelas Mentan.

Untuk itu, secara khusus Mentan meminta kepada para petani di Payakumbuh untuk memanfaatkan lahan kosong yang dimiliki dengan menanam kakao. "Payakumbuh merupakan produsen kakao non perusahaan nomor satu di Indonesia,” katanya.

Mentan berjanji akan mendukung Payakumbuh untuk mengoptimalkan produksi dan meningkatkan nilai tambah bagi petani sehingga ke depan tidak terjadi lagi penjualan kakao dalam bentuk biji. “Kalau bisa yang diekspor itu produk olahan kakao agar nilai tambahnya besar, kalau itu belum bisa dilakukan, minimal kakao yang sudah dipanen difermentasi terlebih dahulu baru kemudian diekspor sehingga ada nilai tambahnya dan harganya lebih mahal dibandingkan biji kakao mentah,” jelasnya.

Sumber: http://www.deptan.go.id/news/detail.php?id=1121
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

BLOG YANG SAYA IKUTI

Chat Box

Feed Burner

Like BP3K Muarabulian

PENGIKUT

COUNTER

Flag Counter
 
Support : Like Nih Gratis | Dropbox: Free File Hosting | Download Software Gratis
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2013. BP3K Muarabulian - All Rights Reserved
Template Design by Nih Gratis Website Published by www.nihgratis.tk